Berita

Bina Penyuluh Kristen, Mokobombang: Penyuluh Agama adalah Agent of Change

Rabu, 21 Juni 2023 16:46 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag) -- Bertempat di Gereja Silo Watuliney. Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Tenggara, Hi. Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag., MH memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kab. Mitra. Rabu (17/05).

Turut hadir mendampingi Kepala Kantor yaitu Kepala Seksi Urusan Agama Kristen ibu Marlyn Nova Bujung, M.Pd.K, serta diikuti sebanyak 36 Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kemenag Kab. Mitra.

Kakan Kemenag dalam pembinaannya menyampaikan, seorang Penyuluh Agama berperan sebagai agent of change yakni berperan sebagai pelaku utama perubahan ke arah yang lebih baik, perubahan dari yang negatif atau pasif menjadi positif atau aktif karena itu penyuluh merupakan motivator utama dalam pembangunan.

“Peranan ini sangat penting karena pembangunan di Indonesia tidak semata membangun manusia dari segi lahiriah atau jasmaniah-nya saja, melainkan membangun segi rohaniah, mental spiritualnya, keduanya dibangun secara bersama-sama,” ungkapnya.

Mokobombang juga berharap kepada penyuluh Agama Kristen Non PNS agar dapat mengoptimalkan peranannya dalam mensosialisasikan pentingnya moderasi beragama, dengan menghargai keragaman keyakinan beragama, sehingga dapat menciptakan kedamaian, kerukunan dan menghidari paham intoleran, serta konflik antar sesama umat beragama.

Mokobombang berpesan kepada penyuluh Agama Kristen Non PNS, agar Penyuluh Non PNS harus menjadi teladan dan menjadi pemersatu kerukunan umat. 

"Penyuluh agama sebagai ujung tombak Kementerian Agama dapat berperan informatif, edukatif dan konsultatif. Informatif dan edukatif yaitu menyampaikan Informasi yang benar dan mendidik umat. Peranan konsultatif yakni mampu memecahkan beragam persoalan yang dihadapi masyarakat/Umat," pungkas Mokobombang.(kar)

Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB