Berita

Kakan Kemenag Mitra Monitoring Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia

Kamis, 12 Oktober 2023 07:10 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara, Hi. Muhammad Thaib Mokobombang, S.Ag., M.H. melakukan Monitoring Pelaksanaan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) yang bertempat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Belang, Senin (10/10/23)

AKMI menjadi bentuk evaluasi baru di bidang Pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam. Untuk mengukur kompetensi peserta didik Madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Pelaksanaan AKMI di MTs Muhammadiyah Belang diikuti oleh 43 peserta kelas VIII yang dilakukan secara online.

Kakan Kemenag bersama Tim disambut oleh Kepala MTs Muhammadiyah Belang Nurjana Ilolu, S.Ag bersama Kepala MA Muhammadiyah Belang Nurlaila Thahir, S.Ag. Untuk Kabupaten Mitra pelaksanaan AKMI tahun 2023 dimulai tanggal 9 s.d 10 Oktober dengan titik lokasi MTs Muhammadiyah Belang dan MI Muhammadiyah Ratatotok.

Dalam monitoring tersebut Kakan Kemenag menyampaikan bahwa AKMI merupakan salah satu elemen penting atau semacam diagnosa sistem pembelajaran yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.

“AKMI bukan hanya mengevaluasi pencapaian kompetensi siswa namun juga mengukur efektivitas proses pembelajaran, serta untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter,” ungkap Magister Hukum IAIN Sutan Amai Gorontalo itu.

“Dengan melakukan AKMI kita dapat mengevaluasi sejauh mana pencapaian kompetensi siswa dan efektivitas proses pembelajaran di madrasah, tentunya hasil dari AKMI inilah yang dapat menjadi landasan untuk pengambilan kebijakan yang lebih baik dalam meningkatkan mutu pendidikan kita,” lanjut suami tercinta dari Sutmardiyanti Rambing ini.

Di akhir monitoring, mantan Kasie Bimas Islam Kemenag Kotamobagu ini mengajak untuk jadikan AKMI sebagai introspeksi diri dan pemantik bagi kita, untuk bersama-sama mendeteksi kekurangan dan memperbaiki, serta berupaya mengembangkan madrasah kita menjadi tempat yang lebih baik dalam menyiapkan generasi yang kompeten dan berkarakter serta madrasah dapat melahirkan generasi SDM yang unggul.(kar)

Humas

Editor:
Ainun Bosra
Kontributor:
Rusli Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB