Berita

Kakan Kemenag Mitra Pimpin Rapat Persiapan Pencanangan Kampung Moderasi Beragama

Kamis, 6 Juli 2023 07:20 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) – Bertempat di Aula PLHUT, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Minahasa Tenggara Hi. Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag. MH didampingi Kepala Seksi Pendis & Bimas Islam Hj. Deyske R. Sangia, SH dan Kepala Seksi Urusan Agama Kristen Pdt. Marlyn N. Bujung, M.Pd.K, membuka sekaligus memimpin rapat Pencanangan Kampung Moderasi Beragama (KMB), Rabu (5/7).

Hadir dalam kegiatan ini; Penyuluh Agama Islam dan Penyuluh Agama Kristen serta seluruh staf pada Seksi Bimas Islam dan Seksi Urusan Agama Kristen Kemenag Mitra.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Mitra menyampaikan bahwa adanya kampung moderasi beragama sebagai upaya menjaga toleransi dan kerukunan dan sebagai bentuk manifestasi dari upaya pemerintah untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Provinsi Sulawesi Utara terlebih khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Lanjutnya, bahwa pencanangan lokasi Kampung Moderasi Beragama akan di laksanakan di Desa Ponosakan Indah Kecamatan Belang. Maka untuk mensukseskan program Kampung Moderasi nantinya kita harus dapat bekerja sama dan saling berkoordinasi untuk membangun Kampung Moderasi Beragama di Kab. Mitra ini.

"Untuk itu, kita akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah, FKUB, ormas keagamaan setempat agar program yang ditetapkan dapat berjalan selaras sesuai dengan harapan dan upaya kita, menjadikan agama sebagai dasar dan prinsip untuk selalu menghindarkan perilaku ekstrem (radikalisme) dan selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan bersama semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkap Mokobombang.

Kakan Kemenag juga berharap dengan Pencanangan Desa Ponosakan Indah sebagai Kampung Moderasi Beragama aman dapat menyatukan berbagai perbedaan terutama dalam hal agama atau kepercayaan untuk saling menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi sehingga membawa dampak positif serta kebaikan yang terus mengalir bagi mayarakat. (kar)

Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB