Sekretariat

Kakan Mokobombang Hadiri Pembukaan Rapat Koordinasi di Bandung

Rabu, 10 Juli 2024 22:02 WIB
  • Share this on:

BANDUNG (Kemenag Mitra) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara, H. Muh Thaib Mokobombang, S.Ag., M.H., menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado dengan tema "SDM Moderat dan Interaktif" yang dilaksanakan di Favehotel Premier, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dr. H. Wawan Djunaidi, MA., Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI didampingi oleh Kepala BDK Manado, Muis Riadi, S.H., M.Si., yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. Wawan Djunaidi menekankan pentingnya SDM yang moderat dan interaktif dalam lingkup Kementerian Agama. "SDM moderat dan interaktif mengacu pada pegawai kementerian yang memiliki sikap dan perilaku moderat serta mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak," ujarnya.

Wawan Djunaidi menambahkan bahwa SDM moderat dan interaktif memainkan peran penting dalam mewujudkan visi dan misi Kementerian Agama, seperti membangun masyarakat yang moderat, meningkatkan toleransi antarumat beragama, dan memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Kementerian Agama terus berupaya mengembangkan kompetensi SDM melalui berbagai pelatihan dan pembinaan.

Hal ini dinilai sangat penting di era digital saat ini, kondisi globalisasi menyebabkan informasi dapat dengan mudah tersebar luas, termasuk informasi yang menyesatkan dan provokatif. Keadaan seperti itu dapat memicu perpecahan dan konflik di masyarakat. Oleh karena itu, Kemenag membutuhkan SDM yang moderat dan interaktif untuk menangkal berbagai informasi negatif dan membangun masyarakat yang harmonis.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kanwil dan Kakan Kemenag dari tiga provinsi yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Selain itu, hadir pula para kepala biro dan pejabat lainnya dari UIN Datokarama, IAIN Manado dan Gorontalo, serta IAKN Manado.

Dengan diadakannya rapat koordinasi ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan nilai-nilai moderasi dan interaksi efektif dalam tugas sehari-hari, sehingga visi dan misi Kementerian Agama dapat tercapai dengan baik.

Editor:
Fahri Indra

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB