Sekretariat

Kakan Mokobombang Saksikan Upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara Secara Daring

Sabtu, 17 Agustus 2024 12:09 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag Mitra) -- Dalam suasana nasionalisme, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara, H. Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag., MH., bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minahasa Tenggara turut serta menyaksikan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Upacara tersebut digelar secara serentak di dua lokasi bersejarah, yaitu Istana Merdeka, Jakarta, dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan disiarkan secara daring melalui platform Youtube Sekretariat Presiden. Di Kabupaten Minahasa Tenggara, kegiatan ini disaksikan bersama di Kantor Bupati Minahasa Tenggara, Sabtu (17/08/2024).

Upacara peringatan HUT RI tahun ini menjadi momen bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Minahasa Tenggara, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, upacara digelar secara bersamaan di dua lokasi penting: Istana Merdeka di Jakarta dan Istana Garuda di IKN, yang merupakan simbol baru bagi masa depan Indonesia. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara di Istana Garuda Nusantara.

Dalam kesempatan tersebut, Thaib Mokobombang menyampaikan rasa bangga terhadap pelaksanaan upacara HUT RI yang ke-79 ini. “Ini adalah momen yang sangat bersejarah bagi kita semua, tidak hanya sebagai bangsa, tetapi juga sebagai umat yang terus bersatu dalam perbedaan untuk memajukan Indonesia. Upacara yang dilaksanakan secara serentak di Istana Merdeka dan Istana Garuda menunjukkan komitmen pemerintah dalam membangun bangsa yang lebih baik dan lebih maju,” ujarnya dengan penuh semangat setelah diwawancarai melalui media wa.

Ia juga menambahkan bahwa momen ini harus menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Minahasa Tenggara, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa. "Semangat kebangsaan yang kita tunjukkan hari ini, dalam peringatan HUT RI yang ke-79, harus terus kita jaga dan kita wariskan kepada generasi muda. Inilah wujud nyata dari semboyan 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'," tegasnya.

Setelah menyaksikan upacara pengibaran bendera merah putih acara dilanjutkan dengan berbagai penampilan yang menambah semarak peringatan kemerdekaan, di antaranya koor lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh paduan suara dari berbagai elemen masyarakat, serta tayangan video ucapan selamat dari anggota TNI dan Polri yang turut serta memeriahkan suasana. Suasana haru dan bangga tampak menyelimuti seluruh peserta yang hadir, baik secara langsung maupun virtual, mengingat betapa pentingnya momen ini bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan semangat kebersamaan dan persatuan yang ditunjukkan dalam upacara ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat di Kabupaten Minahasa Tenggara untuk terus bergerak maju demi mewujudkan cita-cita bersama: Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera. Selamat Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia! Nusantara Baru, Indonesia Maju! Merdeka!

Editor:
Fahri Indra

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB