Seksi Urusan Agama Kristen

Kemenag Minahasa Tenggara Aktif Lakukan Pemutakhiran Data Gereja

Rabu, 17 Juli 2024 17:53 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag Mitra) -- Penyediaan Data umat dan rumah ibadah yang akurat merupakan salah satu tugas dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama. Oleh sebab itu, Kemenag Mitra melalui Seksi Urusan Agama Kristen melakukan pengumpulan dan pemutakhiran data Umat Kristen dan Gereja di Kab. Minahasa Tenggara

Setelah melakukan pembagian tugas kepada para Penyuluh ASN dan staff pada Seksi Urusan Agama Kristen Kemenag Mitra untuk melakukan pendataan Gereja-gereja di Minahasa Tenggara, maka Marlyn Nova Bujung, S.Th, M.Pd.K selaku Kepala Seksi URAG Kristen memimpin langsung dengan turun lapangan dan melakukan pendataan Gereja di lokasi pedalaman, sebagai salah satu titik terjauh di Kab. Mitra yaitu Kecamatan Touluaan Selatan.

Menempuh perjalanan 90 menit dari kantor dan melewati medan jalan yang sulit, Marlyn didampingi oleh Novita Sigar, S.E, staff pada Seksi URAG Kristen, menjumpai Pimpinan-pimpinan Gereja di Kec. Touluaan Selatan dalam rangka pengumpulan dan pemutakhiran data Gereja.

Pemutakhiran data yang dimaksud mencakup data Pemimpin dan Pengurus Gereja, data Jemaat, status registrasi  hingga kondisi bangunan dan titik koordinat Gereja.  “Penyediaan data yang akurat sangat penting bagi kami untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada umat,” ujar Marlyn Nova Bujung. “Dengan data yang lengkap, kami dapat menyusun program-program kerja yang lebih efektif dan tepat sasaran.”

Selain mengumpulkan data, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Kemenag Mitra dengan lembaga keagamaan dan tokoh-tokoh agama di daerah.

Menurut salah satu pimpinan gereja di Touluaan Selatan, pendataan ini sangat membantu dalam memperjelas jumlah jemaat yang sebenarnya serta kebutuhan yang ada di lapangan. “Kami sangat menghargai upaya Kemenag Mitra dalam mendata gereja-gereja kami. Ini adalah langkah positif untuk perbaikan pelayanan keagamaan,” ujarnya.

Kegiatan pemutakhiran data ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perencanaan program-program keagamaan di masa depan, sehingga pelayanan kepada umat dapat lebih tepat sasaran dan efektif.

Editor:
Fahri Indra
Penulis:
Pdt. Mikhael Piether, S.Th.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB