Berita

Kemenag Mitra Selenggarakan Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI

Senin, 17 Juli 2023 09:01 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (Pendis) melaksanakan kegiatan Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Daerah, Kamis (13/7).

Mengambil tempat di aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Mitra, kegoatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Mitra Hi. Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag., MH didampingi Kepala Seksi Pendis dan Bimas Islam Hj. Deyske R. Sangia, SH, Pelatih Provinsi PPKB GPAI Supriadi, M.Pd.I, Bakri, M.Pd.I, Sumarni Musa, M.Pd dan diikuti seluruh Guru PAI se-Kabupaten Mitra.

Mengawali sambutannya Kakan Kemenag mengatakan bahwa Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI ini dirilis sudah enam tahun lalu dengan maksud dalam proses mengajar guru tidak hanya memberikan ilmu saja tapi harus belajar untuk mendapatkan ilmu.

“Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI telah dirilis pada bulan Juli 2018 oleh Menteri Agama pada saat itu yaitu Lukman Hakim Saifuddin. Pada saat itu Menag RI mengatakan bahwa guru itu never ending process dalam belajar maksudnya adalah bahwa guru jangan keluarkan ilmu saja tapi juga harus belajar lagi untuk mendapatkan ilmu,” ungkap Mokobombang.

Ia juga menambahkan bahwa PPKB Guru PAI harus secara kontinyu berkelanjutan dan pengambangan wawasan dan pelatihan harus terus dilakukan, karena PPKB merupakan instrumen untuk meningkatkan kapasitas guru agama agar memahami misi peningkatan kwalitas beragama dan moderasi beragama di Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan kompetensi para guru Pendidikan Agama Islam, sehingga mampu memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman, sebagai garda terdepan dalam pembentukan karakter bangsa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kakan Kemenag berharap kepada guru-guru bahwa peningkatan keprofesian berkelanjutan ini menjadi suatu keharusan dan mari kita manfaatkan momen ini sebagai suatu pembelajaran, pengembangan kemampuan membentuk guru PAI yang profesional.

“Peran bapak dan ibu guru sangatlah penting dan strategis. Oleh karena itu, peningkatan keprofesian berkelanjutan ini menjadi keharusan demi meraih hasil yang optimal dalam proses belajar mengajar dan manfaatkanlah momen ini untuk konsen memperluas wawasan bersama. Dengan menyimak info terbaru yg akan disampaiakan pemateri sebentar, sehinggat kita dapat terus mengembangkan kemampuan sebagai guru PAI yang profesional dan berdedikasi,” harap Mokobombang.

Di akhir sambutannya, Kakan Kemenag mengajak marilah kita menjadikan kegiatan ini sebagai momentum yang berharga untuk memotivasi diri, mengasah kemampuan, dan menjalin kebersamaan.

“Sekali lagi mari Jadikan kesempatan ini sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan, mengembangkan kompetensi, serta menyegarkan semangat kita sebagai guru berdedikasi. Semoga kegiatan PPKB ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua,” tutup mantan Kasie Bimas Kemenag Kota Kotamobagu.(kar)

Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB