Berita

Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila, Kakan Kemenag Mitra Ingatkan ini.

Rabu, 21 Juni 2023 18:30 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag) - Kementerian Agama Kab. Minahasa Tenggara menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kakan Kemenag Mitra, Hi. Thaib Mokobombang, S.Ag, MH. Upacara yang bertempat di halaman Kantor ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural, pejabat fungsional, seluruh ASN, Guru-guru serta pramubakti di lingkungan Kemenag Mitra. Adapun tema Harlah Pancasila tahun 2023, yakni: Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Hi. Muh.Thaib Mokobombang, sebagai Pembina Upacara dalam pidatonya menekankan bahwa momentum hari lahir Pancasila banyak nilai-nilai yang terkadung di dalamnya yang dapat kita jadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari secara sempurna, keberadaan Pancasila sangat relevan dibumi Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan golongan.

“Pancasila lahir sebagai wujud kesepakatan dari sebuah perbedaan etnis budaya, bahasa, ras, golongan dan agama. Pancasila adalah kodrat kekayaan bangsa indonesia, maka mari kita jaga keragaman itu sebagai suatu kekuatan bangsa, kita jaga persatuan, persaudaraan, perdamaian di antara kita, saling toleran, rukun dan membantu untuk kepentingan masa depan bangsa indonesia,” tegas mantan Kasubbag Kemenag Bolsel ini.

Lebih jauh Kakan Kemenag Mitra berharap bahwa pada momentum peringatan hari lahir pancasila, 1 Juni 2023 ini, kita perlu meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Ini adalah momen yang bagus dan tepat bagi kita semua untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap nilai Pancasila,” imbuh orang nomor satu di Kemenag Mitra ini.

Di akhir pidatonya, Mokobombang  mengajak kepada seluruh peserta upacara agar selalu menjaga persatuan, perdamaian dan jaga persaudaraan diantara kita, saling bersikap santun, menghormati, toleran, saling membantu, bergotong royong membangun peradaban untuk kepentingan bangsa dan pertumbuhan global.

“Teguhkan komitmen bahwa Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan bangsa Indonesia tetap terpatri dalam jiwa kita sebagai bangsa yang bermartabat," pungkas Mokobombang.(kar)

Penulis:
Rusli Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB