Berita

Launching Desa Ponosakan Indah Kab. Minahasa Tenggara sebagai Kampung Moderasi Beragama Sukses Digelar

Senin, 24 Juli 2023 14:17 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) -- Sabtu, (22/7). Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Minahasa Tenggara melaunching Desa Ponosakan Indah Kecamatan Belang sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Desa Ponosakan Indah dipilih sebagai Kampung Moderasi Beragama di Minahasa Tenggara tahun 2023 sudah melalui seleksi dan kajian mendalam dari Tim Pokja KMB sesuai dengan kriteria dan pedoman yang ditetapkan oleh Kementerian Agama RI di bawah kendali Ditjen Bimas Islam.

Acara didahului dengan doa. Kemudian Kakan Kemenag Mitra Hi. Muh Thaib Mokobombang menyampaikan ucapan selamat datang dan laporan kegiatan. Deskripsi desa Ponosakan Indah dipaparkan oleh Ketua Komisi I DPRD Mitra Artly Kountur, yang merupakan mantan sekdes dan kepala desa area desa Buku dan Ponosakan.

Selanjutnya sambutan Kakanwil Kemenag Prov. Sulut, Hi. Sarbin Sehe yang menyampaikan gagasan Moderasi Beragama. Kemudian sambutan Bupati Mitra, James Sumendap.

Sesudah acara sambutan-sambutan dilanjutkan Launching Kampung Moderasi Beragama yang ditandai dengan pumukulan bedug dan Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Mitra dan Kakanwil Kemenag Sulut.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Mitra bapak Drs. Jesaya Jouke Legi, anggota DPR RI, anggota DPRD Mitra, Kabid Bimas Islam Bapak Hi. Rikson Hasanati, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Dinas, Ketua FKUB, Kapolsek, Damril, Camat Belang, Hukum Tua dan masyarakat desa Ponosakan Indah, perwakilan tokoh agama, tokoh adat, tokoh organisasi keagamaan, para penyuluh agama, guru agama/Madrasah, di Minahasa Tenggara, serta pejabat dan pegawai Kemenag Mitra.

Launching Kampung Moderasi Beragama di Desa Ponosakan Indah Kab. Minahasa Tenggara semakin meriah dengan adanya penjemputan para tamu dengan tarian Kabasaran, penampilan Vocal Group Penyuluh Kristen dan Musik Rebana Majelis Taklim desa Ponosakan Indah.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar dengan adanya pengamanan dari Panji Yosua dan Banser GP Ansor di samping pengamanan dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan Mitra. (kar)

Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB