Berita

Mokobombang Ambil Sumpah dan Lantik Pengawas Pendidikan Agama Islam

Rabu, 21 Juni 2023 10:16 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag) -- Kepala Kantor Kemenag Mitra, Hi. Muh. Thaib Mokobombang bertempat di ruang aula PLHUT lantai dua mengambil sumpah dan melantik bapak Jumat Masoara, S.Pd.I menjadi Pengawas Pendidikan Agama Islam.

Acara didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, selanjutnya pembacaan SK Pengangkatan pengawas, pengambilan sumpah dan pelantikan.

Dalam sambutan sesudah pelantikan Mokobombang menyampaikan selamat kepada bapak JUmat Masoara sebagai pengawas. “Saya menyampaikan selamat kepada bapak Jumat Masoara atas jabatan baru sebagai Pengawas Pendidikan Agama Islam. Jabatan Pengawas bukan hanya sekedar jabatan, tetapi lebih daripada itu adalah fungsi yang melengkat pada jabatan itu,” imbuhnya.

Ditegaskan pula “Pengawas Agama, Pengawas Sekolah, Pengawas Madrasah pada hakekatnya bertugas untuk menjaga Quality Control pelaksanaan pembelajaran dan manajemen sekolah. Artinya pengawas menentukan atas jaminan mutu, melalui perannya kualitas pembelajaran dan manajemen sekolah dapat dikontrol. Tentu tidak bekerja sendiri tetapi melibatkan semua pihak yang terkait untuk peningkatan kualitas pembelajaran agama dan tata kelolah manajemen madrasah.”

Mokobombang juga mengajak kepada para pengawas untuk mendalami regulasi-regulasi tentang pengawas, antara lain Peraturan MenpanRB Nomor 21 Tahun 2021 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Untuk Pengawas Pendidikan Agama Islam Peraturan Menteri Agama Nomor 21 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah.    

Pengambilan sumpah dan pelantikan diikuti oleh pada rohaniawan, saksi-saksi, pejabat struktural, pejabat fungsional dan karyawan-karyawati di lingkungan Kemenag Mitra. 

Editor:
Rusli Karlos
Kontributor:
Humas

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB