Seksi Pendidikan & Bimas Islam

Mokobombang dan Deyske Hadiri Pembukaan KSM Nasional 2024 di Ternate

Selasa, 3 September 2024 11:50 WIB
  • Share this on:

TERNATE (Kemenag Mitra) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara, H. Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag., MH., bersama Kepala Seksi Pendidikan dan Bimas Islam, Hj. Deyske R. Sangia, MH., turut hadir dalam pembukaan resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2024 yang digelar di Lapangan Ngaralamo Salero, Ternate, pada Selasa, 3 September 2024.

Sebagaimana yang diketahui Kabupaten Minahasa Tenggara memiliki perwakilan dalam ajang KSM tahun ini, yaitu Afifah Farah Nayoan yang mewakili tingkat Ibtidaiyah pada mata pelajaran Matematika. Kehadiran Kakan Kemenag dan jajarannya di Ternate menunjukkan dukungan terhadap Afifah dan seluruh kontingen Sulawesi Utara.

Pembukaan KSM Nasional 2024 berlangsung meriah dengan penampilan tarian, nasyid dan juga beberapa pertunjukan lainnya. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T., dan Penjabat Gubernur Maluku Utara, Drs. Samsudin Abdul Kadir, M.SI. Dalam sambutannya, Muhammad Ali mengawali penyampaian dengan menyampaikan belasungkawa atas bencana banjir bandang yang baru saja melanda Ternate dan berharap KSM Nasional dapat menjadi semangat baru bagi masyarakat.

Lebih lanjut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan KSM Nasional 2024. "Selaku pribadi, dan selaku Menteri Agama, Saya sangat mendukung segala bentuk kebijakan yang mampu menciptakan atmosfer bagi siswa madrasah dalam berkompetisi dan berprestasi yang sehat," ujarnya.

KSM Nasional 2024 yang mengangkat tema 'Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia' ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan menggali potensi siswa-siswi berprestasi di bidang sains.

Selain Kakan Kemenag Minahasa Tenggara, turut hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, Drs. H. Amar Manaf, M.Si, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara, H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I., dan Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sulut, Basri Saenong, M.Pd.

Kehadiran para pejabat Kementerian Agama ini menunjukkan pentingnya KSM Nasional sebagai ajang kompetisi yang prestisius bagi siswa-siswi madrasah. Mereka berharap KSM dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk terus belajar dan berprestasi.

"Kami berharap Afifah Farah Nayoan dapat memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Utara, khususnya Kabupaten Minahasa Tenggara," ujar H. Muh. Thaib Mokobombang.

Editor:
Fahri Indra

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB