Berita

Mokobombang: Jadilah Penyuluh Agama Kristen yang A.K.T.I.F.

Senin, 13 November 2023 16:41 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) --- Bertempat di Gereja GMIM Bukit Moria Tombatu Tiga Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara, Hi. Muhammad Thaib Mokobombang, S.Ag., M.H. didampingi Kepala Seksi Urusan Agama Kristen Pdt. Marlyn Nova Bujung, S.Th., M.Pd.K, membuka sekaligus memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Kristen Kemenag Mitra, Selasa 07 November 2023.

Kegiatan yang dirangkai dengan penyaluran bantuan “DIAKONIA” dari penyuluh Agama Kristen untuk para Kostor ini, turut dihadiri oleh pegawai pelaksana Bimas Kristen Hendri R. Emor, S.E., staf pada seksi urusan agama kristen; Novita G. Sigar, S.E. serta diikuti oleh 3 penyuluh agama kristen PNS, 2 orang penyuluh agama kristen P3K, dan 32 orang penyuluh agama kristen Non PNS.

Dalam pembinaannya, Kakan Kemenag memberikan apresiasi atas pertemuan dan pembinaan yang dilasanakan setiap bulan ini, menurutnya kegiatan semacam ini sebagai wadah silaturrahmi serta mendorong peningkatan kapasitas dan tanggung jawab penyuluh dalam proses pendampingan masyarakat dan menguatkan peran dan fungsi penyuluh di tengah keberagaman umat.

“Mengingat penyuluh agama merupakan garda terdepan Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terbawah, maka dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab penyuluh agama harus AKTIF yakni Adaptif, Kreatif, Tekun, Inovatif, dan Fasih,” ungkap Mokobombang.

“Penyuluh agama juga dituntut tidak hanya memiliki kemampuan keilmuan dan keahlian dalam bertutur kata. Tetapi harus juga mampu menjadi teladan bagi umat binaannya,” lanjutnya.

Kemudian, mantan Kasubbag TU Kemenag Bolsel ini mengingatkan, bahwa dalam setiap pelaksanaan kegiatan penyuluhan agama yang telah dilaksanakan harus dievaluasi selanjutnya dituangkan dalam sebuah laporan. Baik laporan kegiatan bimbingan/penyuluhan atau pun laporan konsultasi.

“Kegiatan pelaporan adalah sebuah kewajiban yang seharusnya dilaksanakan oleh seorang penyuluh khususnya penyuluh agama dalam hal ini, namun dalam realita masih terdapat masalah dalam pelaporan itu sendiri. Dengan kegiatan ini saya berharap agar kegiatan ini diikuti dengan baik dan semoga bermanfaat bagi kita semua,” jelas Mokobombang.

Mengakhiri pembinaannya, Kakan Kemenag berharap agar kegiatan pembinaan ini bisa memberikan manfaat bagi para penyuluh agama dalam meningkatkan kompetensinya sebagai penerang dalam memberikan kedamaian hidup disetiap diri masyarakat dengan saling menghargai dan menghormati di antara manusia.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kehidupan masyarakat melalui para penyuluh agama Kristen yang hadir hari ini, tidak hanya di dunia, namun hal ini nantinya sebagai amalan kita diakhirat," pungkasnya. (kar)

Humas

Editor:
Ainun Bosra
Kontributor:
Rusli Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB