Berita

Mokobombang Laksanakan Pendampingan di KUA dan Tinjau Lokasi Pembangunan Balai Nikah Kecamatan Ratatotok

Kamis, 12 Oktober 2023 06:49 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) -- Kamis (21/9/23), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Minahasa Tenggara, Hi. Muhammad Thaib Mokobombang, S Ag., M.H. melaksanakan pendampingan di KUA dan meninjau lahan pembangunan Balai Nikah Kec. Ratatotok.

Turut mendampingi Kasubbag TU Lastiko Runtuwene, S.Ag., M.Pd, JFT Perencana Zainudin Ngadi, S.Kom mewakili Kasie Pendis dan Bimas Islam, Pengelola BMN Doddy Karto, S.IP, pramubhakti Zulkifli Lamusu, S.Pd dan Anwar Kapele, S.Pd.

Kepala Kantor dan tim Kemenag Mitra diterima oleh Kepala KUA Hi. Abdul Hakim Bachdin, S.HI. 

Kepala KUA melaporkan bahwa di KUA Kec. Ratatotok untuk pegawai 2 orang terdiri dari 1 penghulu sebagai kepala KUA & 1 orang Penyuluh Agama Islam. Dilaporkan juga bahwa bapak Abdul H. Bachdim selain sebagai Kepala KUA Kec. Ratatotok sekaligus juga sebagai Kepala KUA Kec. Tombatu.

Dalam laporannya juga, Abdul Hakim menjelaskan bahwa untuk status tanah dan bangunan masih bersifat sewa. Kesulitan yang dihadapi yakni keterbatasan tenaga dan untuk dana operasional setiap tahun belum cukup.

Mokobombang berterima kasih dan memberikan semangat kepada bapak Abdul Hakim yang merangkap tugas di dua Kantor KUA. 

Kakan Kemenag Mitra menyampaikan bahwa walau ada tantangan dalam pelaksanaan tugas pelayanan di dua Kantor Urusan Agama harus tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 

Kendala-kendala ketenagaan dan pembiayaan akan dikoordinasikan bersama dengan Kanwil Kemenag Prov Sulut. 

Kakan Kemenag Mitra dan tim selanjutnya meninjau lokasi lahan untuk pembangunan Balai Nikah Kec. Ratatotok.

Dilaporkan bahwa untuk status tanah untuk pembangunan Balai Nikah sudah bersertifikat hak milik Kementerian Agama, dan untuk anggaran pembangunan gedung Balai Nikah saat ini sudah dalam tahap penetapan dalam DIPA tahun anggaran 2024 yang bersumber dari dana SBSN. Tinggal menunggu DIPA definitif.

Mokobombang selanjutnya meminta kepada Kasubbag TU dan JFT Perencana Bimas Islam dan Pendis untuk segera berkoordinasi dengan perencanaan dan keuangan Kanwil Kemenag Sulut untuk memastikan anggaran pembangunan gedung Balai Nikah masuk dalam DIPA TA 2024.(kar)

Humas

Editor:
Ainun Bosra
Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB