Berita

Mokobombang Sampaikan Sambutan Pada Acara Pembangunan Taman Maria Umat Katolik Mitra

Kamis, 12 Oktober 2023 06:44 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag) -- Kepala Kantor Kemenag Minahasa Tenggara Hi. Muh. Thaib Mokobombang, menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Taman Maria dan Taman Wisata Religius Umat Katolik Minahasa Tenggara, bertempat di Desa Tatengesan Makalu Kecamatan Pusomaen. Ikut hadir Pembimas Katolik Joula Makarawung dan Kasubbag TU Kemenag Mitra Lastiko Runtuwene, Rabu (20/9/23).

Acara didahului dengan ibadah pemberkatan oleh Pastor Paroki Santu Lukas Ratahan Pastor Lexsi Nangoy, Pr. Selanjutnya peletakan batu pertama oleh Bupati Mitra James Sumendap, Sekda, Assisten III, Kakan Kemenag Mitra, Pembimas Katolik, Camat diikuti oleh pimpinan umat Katolik dari 13 stasi/kampung umat Katolik di Minahasa Tenggara.

Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Pastor Paroki, Kakan Kemenag Mitra dan Bupati Mitra.

Kakan Kemenag Mitra didaulat untuk membawakan sambutan dari perwakilan Kementerian Agama. Dalam sambutannya Mokobombang menyampaikan apresiasi atas upaya dari pastor paroki dan umat Katolik Minahasa Tenggara.

"Kami dari Kementerian Agama memberikan apresiasi dan mendukung upaya-upaya masyarakat beragama untuk mengembangkan tempat-tempat doa dan ibadah. Di antaranya upaya dari umat Katolik untuk membangun Taman Maria sekaligus sebagai tempat wisata rohani," ungkap Mokobombang.

"Kami sangat mengapresiasi upaya dari umat Katolik di Minahasa Tenggara untuk membangun tempat ibadah ini, semoga acara peletakan batu pertama ini akan mendorong partisipasi semua pihak untuk membantu penyelesaian pembangunan taman Maria ini sebagai sarana doa dan tempat wisata rohani," ungkap Mokobombang.

"Semoga taman Maria yang telah dimulai pembangunannya dan nantinya sudah selesai akan semakin mendorong umat Katolik mencintai dan meneladan hidup Bunda Maria sebagai ibu yang suci, ibu yang saleh. Maka diharapkan hidup umat Katolik melalui teladan dan doa ibu Maria akan semakin beriman kepada Tuhan yang Maha Kuasa," harap Mokobombang.

Mokobombang juga menyampaikan terima kasih kepada Pembimas Katolik ibu Joula Makarawung yang atas salah satu cara mewakili bapak Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, yang telah hadir pada acara yang mulia ini bagi umat Katolik.

"Sebenarnya yang tepat untuk membawakan sambutan adalah ibu Pembimas Katolik karena beliau dari Kanwil, mewakili Kakanwil, tetapi karena sudah didaulat maka saya harus menerimanya," imbuh Mokobombang.

Tak lupa Mokobombang menyapa Bupati Mitra.

"Saya terkesan dengan adanya pengamanan dari anggota Panji Yosua, yang Panglimanya ada bersama kita, Bupati Mitra James Sumendap," ungkap Mokobombang.

"Ini menjadi contoh konkrit perwujudan kerukunan umat beragama di Minahasa Tenggara, acara dari umat Katolik tetapi yang mengatur lalu lintas dan menjaga keamanan adalah dari Panji Yosua GMIM, luar biasa," tambah mantan Kasubbag Kemenag Bolsel ini.

"Untuk itu kami mengharapkan supaya kerukunan umat beragama dan toleransi dengan dasar saling memberi semangat, saling menjaga keamanan dan ketenteraman tetap terjaga di Minahasa Tenggara, untuk itu semoga dengan acara ini umat Katolik dan semua umat beragama akan semakin hidup rukun bersama dengan umat beragama lain, sehingga Mitra semakin jaya dan hebat," terang Mokobombang.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Mitra, David Lalandos, Assisten III Elli Sangian, Camat Pusomaen, tokoh-tokoh masyakarat, pimpinan umat dan jemaat Katolik se Kabupaten Minahasa Tenggara dengan pengamanan dari Panji Yosua GMIM di Minahasa Tenggara.(kar)

Humas

Editor:
Ainun Bosra
Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB