Berita

Persiapan Penetapan Kampung Moderasi Beragama, Kakan Kemenag Mitra: Mari Bekerjasama dan Bersama Kerja

Kamis, 20 Juli 2023 12:41 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) -- Selasa, (18/7), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Minahasa Tenggara, Hi. Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag, MH meninjau sekaligus memimpin rapat dalam rangka penetapan Kampung Moderasi Beragama bertempat di Balai Desa Ponosakan Indah Kec. Belang Kab. Mitra. Kepala Kantor didampingi Kepala Seksi Pendis dan Bimas Islam, Hj. Deyske Sangia, SH dan Kepala Subbagian TU, Lastiko Runtuwene, S.Ag, M.Pd.

Rapat diikuti oleh perangkat desa dan tokoh-tokoh agama Desa Ponosakan Indah, berlangsung dalam suasana persaudaraan untuk memastikan kesiapan acara yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Kakan Kemenag Mitra menyampaikan bahwa acara penetapan desa Ponosakan Indah dipilih untuk menjadi Kampung Moderasi Beragama sudah melalui proses penilaian yang melibatkan pihak-pihak terkait. "Karena acara penetapan desa Ponosakan Indah sebagai Kampung Moderasi Beragama melalui program Bimas Islam sudah dekat, maka kami dari Kemenag Mitra meninjau kesiapan acaranya," ungkap Mokobombang.

"Kriteria penetapan Kampung Moderasi Beragama, antara lain pertama, sebaran jumlah penduduk yang majemuk untuk beberapa agama; kedua, masyarakat yang majemuk yang terdiri agama, suku dan budaya berbeda hidup rukun, bersaudara dan memiliki toleransi antar umat yang tinggi," terang Mokobombang.

Lanjutnya, di samping itu warga masyarakatnya memiliki rasa cinta tanah, rasa kebangsaan yang tinggi, menghargai kearifan lokal & budaya, nilai-nilai Pancasila dan UUD 45 sungguh-sungguh diwujudkan dalam hidup bermasyarakat.

"Kami mendapat laporan dari Kasie Bimas Pendis dan Bimas Islam, ibu Hj. Deyske, bahwa desa Ponosakan Indah memenuhi kriteria untuk ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama, untuk itu kami dari Kemenag meninjau sekaligus mendampingi kesiapan untuk acara penetapannya," jelas Kakan Kemenag Mitra.

Selanjutnya Hj. Deyske melaporkan bahwa telah dilaksanakan sosialisasi kepada pemerintah desa, tokoh-tokoh agama serta warga masyarakat desa Desa Ponosakan Indah yang terpilih sebagai Kampung Moderasi Beragama. Semua setuju dan menyambut baik desa Ponosakan Indah ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama dari Minahasa Tenggara Tahun 2023.

Dari percakapan dan diskusi terungkap dari perangkat desa dan tokoh-tokoh agama desa Ponosakan Indah yang hadir bahwa kesiapan acara dan kesiapan masyakarat untuk melaksanakan acara penetapan Kampung Moderasi Beragama sudah terkoordinasi dengan baik. Tinggal pemantapan hal-hal teknis sehubungan dengan susunan acara dan perlengkapan acara.

Mokobombang menyampaikan bahwa acara penetapan Desa Ponosakan Indah sebagai Kampung Moderasi Beragama sebaiknya tim kerja dapat mempersiapkan visualisasi tentang Desa Ponosakan Indah yang menggambarkan toleransi dan kerukunan umat beragama.

"Acara ini direncanakan dan kita berupaya bersama supaya Bupati dapat hadir, dan yang pasti Kepala Kanwil Kemenag Prov Sulut, Hi. Sarbin Sehe dan rombongan dari Manado akan hadir," jelas Mokobombang.

"Tentunya kami mengharapkan acaranya disiapkan dengan sederhana namun meriah, yang terpenting dalam pelaksanaan acara semua dapat terlibat dan merasakan suasana persaudaraan yang rukun," tambah Mokobombang.

"Mari kita berdoa bersama, bekerja bersama dan bersama bekerja supaya acara ini dapat sukses dan lebih daripada itu dapat memperteguh semangat toleransi dan kerukunan untuk kita semua," tutup Mokobombang. (kar)

Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB