Berita

Pertemuan Penyuluh Kristen, Kakan Kemenag Mitra Sampaikan Pesan Moderasi Beragama dan Penuntasan Stunting

Rabu, 11 Oktober 2023 09:33 WIB
  • Share this on:

Mitra (Kemenag) -- Jumat (15/9/23) bertempat di Gereja GMIM Eklesia Silian, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Minahasa Tenggara, Hi. Muhammad Thaib Mokobombang, S.Ag., M.H. memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kemenag Mitra.

Turut hadir mendampingi Kepala Kantor yaitu Kepala Seksi Urusan Agama Kristen ibu Marlyn Nova Bujung, M.Pd.K, bapak Pdt. Abrianto Sholi serta diikuti Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kemenag Kab. Mitra.

Kakan Kemenag dalam pembinaanya juga mengatakan bahwa tugas dan fungsi penyuluh adalah memberikan bimbingan keagamaan dan penyuluhan pembangunan melalui bahasa Agama kepada kelompok binaan, dan tugas mulia saudara sekalian adalah merupakan ujung tombak kementerian agama dalam meningkatkan kwalitas keagamaan masyarakat yang taat beragama serta sejehtera lahir dan batin.

Dan yang terkini sering di sampaikan oleh bapak Kakanwil Hi. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I dalam setiap pertemuan pembinaan bahwa peran  penyuluh agama lainnya adalah terkait dengan Penguatan moderasi beragama dan mendukung percepatan penurunan stunting.

"Bahwa tujuan dari moderasi beragama yaitu untuk menciptakan dialog yang positif dan saling pengertian antara individu atau kelompok yang memiliki keyakinan agama yang berbeda," ungkap Mokobombang.

Lanjutnya bahwa hal Ini bertujuan untuk; Meningkatkan toleransi, mempromosikan pemahaman melalui diskusi yang terbuka dan beradab, Mencegah ekstremisme agama dengan mempromosikan pesan-pesan moderat dan mengurangi kemungkinan radikalisasi, mendorong kerjasama, dan serta memelihara perdamaian.

Kemudian terkait dengan mensukseskan percepatan Stunting, Kakan Kemenag juga mengatakan hal ini merupakan implementasi dari perintah agama bahwa agama memerintahkan kita agar tidak mewariskan generasi yang lemah dan sebaliknya agama memerintahkan kita harus mewariskan generasi yang baik yaitu generasi yang unggul.

Pada pembinaan ini juga tak lupa Kakan Kemenag berpesan kepada para penyuluh agama ketika menghadapi tantangan, ingatlah bahwa setiap rintangan adalah peluang untuk tumbuh dan menguat. Teruslah belajar, berkembang, dan berinovasi dalam metode penyuluhan saudara sekalian. Saudara memiliki potensi untuk merubah hidup orang lain dan membawa perubahan positif dalam masyarakat.

"Saya percaya, dengan dedikasi dan semangat saudara sekalian, saudara dapat mencapai tujuan-tujuan besar dalam pelayanan agama Kristen, maka teruslah menjalani panggilan ini dengan hati yang penuh kasih, karena Tuhan akan memberkati usaha saudara dalam menjalankan tugas mulia ini," terang Mokobombang

Di akhir pembinannya, Kakan Kemenag mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh atas semua usaha dalam menjalankan tugas muliah sebagai garda terdepan Kementerian Agama.

"Terima kasih atas pengabdian saudara sekalian yang tak kenal lelah. Bersama-sama kita dapat menerangi jalan untuk lebih banyak jiwa yang mencari makna dan kedamaian. Selamat berjuang, para penyuluh agama Kristen non PNS, Tuhan menyertai tugas muliah saudara sekalian," pungkas Mokobombang. (kar)

Humas

Editor:
Ainun Bosra
Kontributor:
Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB