Berita

Wakili Kakan Kemenag Mitra, Hj. Deyske Sangia Hadiri Halal Bihalal di SMA N 1 Ratahan

Rabu, 21 Juni 2023 16:21 WIB
  • Share this on:

MITRA (Kemenag) -- Bertempat di SMAN 1 Ratahan, mewakili Kepala Kemenag Kab. Mitra, Kasi Pendis dan Bimas Islam Hj. Deyske Rimala Sangia, SH menghadiri undangan dan memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal yang diselenggarakan pada Jumat, (12/05).

Acara yang mengambil tema “Bangun Kebersamaan Jalin Silahturahmi” ini dihadiri oleh Tayeb Muslim, S.HI sebagai penceramah, Kepala Sekolah SMAN 1 Ratahan Eltri Karim Somba, M.Pd, guru dan staf serta siswa-siswi SMAN 1 Ratahan.

Mewakili Kakan Kemenag, Hj. Deyske Sangia, SH pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan ini, semoga silaturahmi dan kekeluargaan kita selalu terjaga.

"Mengingat Halal Bihalal bukanlah suatu ibadah melainkan suatu kebiasaan baik yang sudah membudaya di kalangan masyarakat kita. Halal Bihalal menuntut orang-orang agar menyambung kembali hubungan yang sempat putus, mewujudkan keharmonisan dari sebuah konflik dan berbuat baik secara berkelanjutan," jelas Kasie Pendis dan Bimas Islam Kemenag Mitra ini.

Lebih jauh Hj. Deyske Sangia menyampaikan, “Halal Bihalal ini juga memiliki makna spiritual dalam menghadapi kehidupan yang lebih baik di masa depan. Dengan meminta dan memberikan maaf, seseorang dapat membersihkan hati dan pikiran dari beban emosional dan kesalahan masa lalu. Dalam tradisi Islam, memaafkan dan memberikan maaf merupakan nilai penting dalam menjalani kehidupan sebagai seseorang yang berakhlak baik,” papar kandidat Magister ini.

Di akhir sambutannya ia berpesan bahwa dengan Halal Bihalal ini mari kita jaga hubungan sosial dan spiritual, melalui tradisi halal bihalal bukan sekadar saling memaafkan, tetapi mampu menciptakan persatuan di antara anak bangsa sehingga tercipta persatuan bangsa. Halal Bihalal bukan sekadar tradisi keagamaan, tetapi juga kemanusiaan, kebangsaan, dan kemaslahatan bersama. 

Editor:
Mikhael Pieter
Penulis:
Rusli Karlos

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB